Beda Tipis

“Pagiii Paklik..! Mau numpang duduk bentar, boleh?”  

“Waduh, ada si genduk to iki. Tumben ke sini, Rein. Sejak pengumuman lulus kemarin kamu kok belum pernah kelihatan lagi, ke mana aja?” 

“Nggak ke mana-mana Paklik, aku bantu Bundo di Ladang. Baru hari ini keluar rumah soalnya Bundo minta tolong aku beli bakiak di tokonya Pak Haji Cholik dekat kelurahan sana itu. Berat banget nih. Bayangkan Paklik, Bundo pesan belinya 20 pasang!”  

Biyuh…Bundomu mau ngapain Rein, beli bakiak segitu banyak?” 

“Nggak ngerti Paklik, mungkin mau disumbangin buat mushola.”  

“Semoga saja begitu.”

Sejurus kemudian, Kyaine komat kamit berdoa. Ia mulai mencium gelagat yang kurang menguntungkan dirinya. 

“Paklik lagi baca apaan sih?  Dari ujung jalan aku perhatiin seriuuus banget.” 

“Oh, ini buku tentang sirah nabawiyah, Rein. Biografinya Kanjeng Nabi SAW.” 

“Ighh tebelnya, selesai berapa dudukan Paklik?’ 

“He..he.., bentar lagi juga selesai. Belajar sirah nabawiyah itu sangat menarik, Rein. Tahu nggak kamu, nggak ada satu pun biografi kehidupan seseorang di dunia ini selengkap biografi Kanjeng Nabi, Rasulullah SAW.” 

“Lengkap bagaimana maksud Paklik?” 

“Biografi beliau merupakan sejarah lengkap kehidupan seorang manusia. Kehidupan beliau sangat kompleks, menyangkut segala aspek kehidupan, sehingga nggak ada satu sisi pun dari kehidupan manusia yang terlepas dari sisi kehidupan beliau.”

“Hwa… lengkap banget. Mungkinkah bagi kita untuk meniru beliau?”

“Sangat mungkin Rein, asal kita mau berusaha dan belajar. Beliau pun adalah manusia sama seperti kita, gusti Allah menghadirkan beliau di muka bumi ini untuk kita ikuti jalannya. Pasti kamu sudah tahu itu.”  

“Iya sih Paklik, sudah sering dengar itu tapi masih saja ragu. Aku masih harus banyak belajar lagi. Paklik jangan bosen ngajarin aku ya?”

“Yup kita belajar bareng-bareng, Paklik juga masih harus belajar banyak. Sinau sing akeh.”

“He..he.., Paklik memang paling baik dan rendah hati. Nggak salah deh waktu Bundo bilang  kalau Paklik itu beda tipis sama Rasulullah.”

Haiyah… sembrono tenan. Mosok sih Bundomu bilang begitu? Hmm, aku tahu. Kamu mulai belajar bohong ya.”

“Duh, Paklik kok nggak percaya sama aku, tanya aja sendiri sama Bundo. Tapi aku pamit dulu ya, makasih atas pencerahan dan pagi yang  indah di Padeblogan. Bye Paklik!”

Hey… mengko dhisik to, ntar dulu… eh..nduk..jangan pergi dulu!” 

Namun, sekejap mata Rein menghilang dari pandangan, padahal tentengannya dua kantong bakiak itu cukup berat.  Kyaine merasakan gumun yang amat sangat dengan ucapan Rein tadi. Ia pun segera mengejar keponakannya itu, sambil berteriak.

“Maksudnya piye, beda tipis?”

Lamat-lamat Kyaine jawaban Rein. 

Rasulullah sedikit tidur, Kyaine sedikit-sedikit tidur
Rasulullah sedikit makan, Kyaine sedikit-sedikit makan
Rasulullah sedikit-sedikit sedekah, Kyaine sedekah sedikit saja
Rasulullah sedikit-sedikit  zikir, Kyaine zikir dikiitttt banget!

_______________
Ditulis oleh : Rein

47 thoughts on “Beda Tipis

  1. Hehehe…. hahaha…
    Kirain bakiak kakal dilemparkan :mrgreen:
    Kalo jadi di lempar, akan tampak sangat jelas sekitar 40 buah benjolan berwarna pink kemerahan yang lama-lama akan berwarna biru… 😀
    .-= Kakaakin punya artikel menarik dengan judul ..Ingin Langsing =-.

  2. ( hehheeh… yang jelas judul sama gambar ga ada hubungannya.. 😀 .. kiran bakiak tu emang mo dilempar gara-gara niat pensiun dini kemarin… )

    * sentilan indah di hari Jumat… makasi Rein…
    .-= ceuceu punya artikel menarik dengan judul ..Nostalgia =-.

    • (Ateu Ceuceu, emang Bundo kenapa siyh kok jahat terus sama Paklik? pake mau lempar bakiak segala.. Padahal Paklik itu orang paling baik sedunia, ‘tul kan Ateu..? 😀 )

      **sama-sama makasi juga Ateu cantik..

      • jelas paklik itu orang paling baek sedunia.. dan bundo kadang jadi orang paling jahil sedunia ( buat paklik khususnya.. )… 🙂 ..
        .-= ceuceu punya artikel menarik dengan judul ..Nostalgia =-.

  3. HUahahahahah …
    Peyek diremet-remet,
    ngenyek yo ngenyek
    ning ojo banget-banget.

    Mantep … mantep …

    Pas … mak clegluk tenan iki …

    hehehe

    salam saya mas Gus
    .-= nh18 punya artikel menarik dengan judul ..DISKO =-.

    • makasi Opa..

      rempeyek yang diremet-remet itu memang permintaan khusus Rein sama Paklik.
      **semua tulisan Rein di Padeblogan selalu diberi sentuhan akhir oleh Paklik agar enak dibaca.

      ada salam dari Paklik buat Opa 🙂

  4. hahaaa….. duh Kyaine bener2 tauladan bagi umatnya…
    sangat dekat n beda-beda tipis.. sedikit di bawahnya Rasulullah…
    Rasulullah sedikit-sedikit sedekah… Kyaine sedikit sedikit sedekah…
    loohh… kok sama-sama. sedikit sedikit sedekaah hehee
    .-= elmoudy punya artikel menarik dengan judul ..Ksatria Cahaya : Reinforce =-.

  5. Rein, senang ya punya paklik seperti Kyaine.
    banyak sentuhan indah ditiap akhir kata.
    tapi…………….. bakiak pesenan bundo gak akan melayang lagi khan, seperti sendal jepit dulu? 😀
    salamsayang utk bundo yg sedang sibuk ya Rein
    salam
    .-= bundadontworry punya artikel menarik dengan judul ..Bobot, Bibit, Bebet =-.

  6. Iya, aku juga beda tipiiiiis banget denagn Rasulullah bila arti BeTi (Beda Tipis) nya seperti itu.

    Biografi kehidupan Rasulullah itu sangat lengkap, dan karena memang untuk itulah salah satu tujuan Rasulullah diutus, untuk menjadi contoh bagi umat manusia..Semoga kita bisa meneladani Beliau…

    • tak apa sedikit yang penting ada kesamaan dengan yang tercinta kanjeng Nabi Muhammad SAW,setidaknya teladan beliau tetapa dihati dan dilaksanakan 🙂

      *hallaaaaah ngomong opo tokh aku iki ? *
      .-= wi3nd punya artikel menarik dengan judul ..~ wi3nDa ~ =-.

  7. Bakiak semakin langka penggunanya namun di beberapa masjid atau mushola masih ada yang menyediakan untuk yang akan sholat.

    Bakiak juga disebut teklek, bahkan ada yang membuat guyonan ” teklek ning krikilan-wis tuwek petahilan”

    Di kampung saya malah ada yang menyebut bakiak dengan gamparan. saya tak tahu maksudnya, jangan2 bakiak juga berfungsi untuk meng-gampar orang yaaa.
    duh sakit kaleee di gampar dengan gamparan.

    salam hangat dari Surabaya
    .-= BlogCamp punya artikel menarik dengan judul ..Ketika Lely marah =-.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s