Setengah mati – setengah hati

Dengan malas-malasan Rein membuka pintu pagar Padeblogan. Tanpa sapaan yang biasanya ceria dan muka yang ditekuk, Rein duduk di depan Kyaine yang sedang bekerja dengan laptop kesayangannya. 

Rein : Lekum. Napa Paklik nyuruh aku ke sini? 

Kyaine : Waalaikumsalam Rein. Kene…kene.. Sini dekat Paklik sini.  Nggak napa-napa, Paklik cuman pengin ketemu saja, kata Bundomu  akhir-akhir ini kamu seperti kehilangan semangat ya? 

Rein : Aku capek Paklik, lelah banget. Segala hal yang berhubungan dengan UN benar-benar bikin aku stress. 

Kyaine : Yo wis, biar nggak sutris, terus kamu pengin ngapain? 

Rein : Aku pengin teriak kenceng-kenceng di pantai. Siapa tahu stressnya bisa ilang, tapi pantainya jauh sih. Bundo belum sempat nganter. 

Kyaine : Sabar aja,  nanti Bundo pasti ngajak kamu ke pantai. Sakjane,  apa sih yang kamu takutkan itu? Kemarin itu Paklik lihat kamu tekun banget pas siapkan diri mau hadapi UN 

Rein : Paklik kan tahu kalau aku nggak pinter-pinter amat, makanya kemarin itu aku berusaha setengah mati belajar dengan tekun. Semua kemampuanku rasanya sudah aku kerahkan. Tapi aku masih takut menunggu pengumuman nanti, aku takut nggak lulus. 

Kyaine : Takut? 

Rein : Takut banget paklik.

Kyaine : Ingat kalimat sakti punya Paklik, sapa sing tekun golek teken bakal tekan. Paklik salut pada usaha setengah matimu itu, tapi isih ono sing kurang, ada yang kurang gitu. 

Rein : Kurang gimana lagi sih? Paklik boleh tanya Bundo, kalau nggak percaya! 

Kyaine : Percaya.. percaya… Bukan yang itu, kalau tentang ikhtiarmu itu memang nggak diragukan lagi kok. 

Rein : Aku juga berdoa dan shalat tahajud. Dua-duanya  nggak pernah lupa dan ketinggalan. 

Kyaine : Bagus, tapi masih ada yang kamu lupa. Iki penting. Setelah ikhtiar dan berdoa, tugas kita berikutnya adalah bertawakkal . Tawakkal.

Rein : Ah ya tawakkal. Bundo pernah bilang seperti itu, tapi aku belum paham. 

Kyaine : Maksudnya, setelah semua usaha dan doamu itu sekarang saatnya untuk menyandarkan hasilnya kepada Gusti Allah. Kalau kita belum tawakkal itu namanya masih setengah hati. 

Rein : Usaha setengah mati itu masih setengah hati bila aku nggak tawakkal, gitu Paklik? 

Kyaine : Ho-oh! Masih setengah hati bila kita nggak melibatkan-Nya, nDuk. 

Rein  : Lalu, apakah tawakkal akan membuat hatiku tenang? 

Kyaine : Insya Allah Rein, insya Allah. Tawakkal akan membuang semua rasa lemah yang ada pada diri kita. Karena sesungguhnya nggak ada sesuatu pun yang berada dalam kuasa kita sebagai manusia.  

Rein : Kalau nggak tawakkal, manusia bisa ngelakuin hal yang aneh-aneh ya Paklik? Melakukan hal yang nggak jujur bahkan syirik. 

Kyaine : Yup. Nah itu kamu paham. Jadi nggak ada alasan lagi untuk cemberut sepanjang hari, bikin Bundomu cemas tahu?! 

Rein  : Ha.. ha.. Bundo cemas toh? 

Kyaine : Lha iyalah, Bundomu pasti sedih melihat burung murainya berhenti berkicau. 

Rein : Hmm, okelah Paklik, kalau gitu aku nggak usah ke pantai deh. Tapi mau numpang teriak di sini saja. Paklik nggak jantungan kan? 

Kyaine : ????!!!!

______________
Ditulis oleh : Rein

53 thoughts on “Setengah mati – setengah hati

  1. reinnnnnnn…. aku menanti teriakanmuuuuu.. kok ndak kedengarannnn??

    wekekkekekeekkeke

    Ora et Labora ya reinnnnn

    pasti hasilnya OK banget

    UN???

    semoga lulus
    .-= jumialely punya artikel menarik dengan judul ..Telaga =-.

  2. Ah …
    Saya suka artikel yang ini …
    sederhana … namun entah mengapa ada satu aliran sejuk dingin
    yang tiba-tiba saja menyirami hati saya …
    entah apa itu namanya …

    Salam saya Mas Gus
    Thanks Rein …
    .-= nh18 punya artikel menarik dengan judul ..OJEK AT UBUD =-.

    • Alhamdulillah, Opa

      Aliran sejuk itu tentu bukan karena tulisan ini
      memang hati Opa udah sejuk dari sononya

      paklik yang bantu memperbaiki tulisan ini
      sehingga Opa bisa membacanya dengan nyaman.

  3. sekarang burungnya tidak berkicau, tapi yakin suatu saat nanti dan itu pasti tidak akan lama lagi burung tersebut akan berkicau dengan nada indahnya lagi pak.yakin.

    salam adem ayem
    .-= andipeace punya artikel menarik dengan judul ..Modifikasi Tema WordPress =-.

  4. Hehehehe…. Saya jadi inget dulu pas sebelum UN belajar kayak biasa, seminggu sebelum UN belajar penuh, pas UN malah cuma refreshing dikit, setelah UN malah ndableg….

  5. rein kalau punya keyakinan lulus ya pasti lulus. Kemarin pas waktu UN , ngerjain soal itu PD ato nggak ? kapau PD dan gak nyontek berarti sudah berusaha semaksimal mungkin, pasti lulus kok
    .-= mandor tempe punya artikel menarik dengan judul ..BOM =-.

  6. Betul Rein, Paklikmu betul, bahwa tawakkal adalah ujung dari segala ikhtiar kita…Dengan bertawakkal berarti kita siap dan ikhlas dengan segala hal yang akan menghampiri kita…Btw kalau teriak di tempat Paklik hati2 Rein, ntar herder kenalan Paklik keluar loh hehehe…
    .-= Rita Susanti punya artikel menarik dengan judul ..KaNgeN SuaRa PaNggiLaN iTu… =-.

  7. Rein lakukan lalu lupakan..

    hasil akhir serahkan kepada san9 penilai itu sendir DIAlah satu satunya…

    klu mu teriak kuat kuat yah dihutaaan [nanti men99ema ] jadi lucu he he..
    .-= wi3nd punya artikel menarik dengan judul ..~ Ruang Rindu~ =-.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s