Karnaval Blog: Minum Teh Bersama Ibu (MTBI#9)

Lelaki Selembut Ibunda

Oleh: Ibu Nakja

Ibunda adalah wujud kelembutan yang hadir di dunia ini, oleh karena itu hanya kepada ibunda-lah Ar Rahim menitipkan sebuah rahim. Namun menurutmu adakah lelaki yang memiliki kelembutan seperti ibunda? Bagiku jawabannya : Ada.

Rasulullah SAW adalah lelaki yang lembut itu. Bahkan melebihi kelembutan semua ibu yang ada di muka bumi.

Pernahkah aku bertemu lelaki seperti itu? Jawabnya: Pernah. Aku dan dirimu mengenal lelaki yang lembut tersebut, karena dia bernama Ayah.

Ayahku dan Ayahmu.

Aku selalu ingat obrolan pagi buta yang sering terdengar sebelum aku beranjak dari tempat tidur. Sambil menghirup kopinya ayah akan tertawa-tawa mendengar ibu menceritakan kelakuanku seharian kemarin. [ternyata penting bagi ayah menanyai ibu tentang kami setiap hari]

Ayah yang dengan yakin akan membiarkan aku menaiki sepeda itu lalu menjagaku dengan seksama karena dia tahu aku pasti bisa, walau pada akhirnya aku terjatuh juga dengan telapak tangan kiri terluka parah. Namun ayah terus meyakinkan aku bahwa setelah luka itu sembuh maka aku akan lancar bersepeda [dan ajaibnya memang iya!]

Dan bila aku dan kakak berlama-lama liburan di rumah nenek, Ayah juga yang akan meminta Ibu untuk segera menjemput kami sebelum liburan berakhir. Kadang aku protes, karena masih belum mengerti bahwa sebenarnya ayah rindu dengan anak-anaknya.

Aku tak mengalami tahap selanjutnya bersama ayah, seperti yang dirimu lalui dengan ayah sampai kau dewasa. Tapi aku bisa melihat kelembutan itu pada jiwa-jiwa yang berada di sekitarku.

Aku menemukannya pada Dian hatiku, seorang lelaki yang setiap pulang berkerja akan meluangkan waktunya mendengarkan celoteh tentang kegiatanku seharian yang lebih banyak bersama sahabat di ruang maya ini.

Aku melihatnya pada seorang bapak yang begitu penuh cinta pada keluarga dan sahabatnya. Pada seorang suami yang setiap minggu selalu menemani istrinya mencuci pakaian. Pada seorang narablog yang rajin  membuatkan kode html menarik di blog sang istri.

Aku pun menemukannya pada seorang bapak yang sepulang berkerja sempatkan waktu untuk membelikan makan malam pesanan putri tercinta. Pada seorang ayah yang berusaha memasakkan makanan kesukaan putra tersayang. Pada seorang ayah yang memiliki fantastic four, dan juga pada seorang ayah yang tak henti berkisah tentang tiga jagoan tampannya.

Aku yakin ada lelaki lembut itu di setiap rumah, tak sanggup untukku menyebutkan semua.

Yang pasti aku mendengar para lelaki itu berkata pada buah hatinya :

“nak, hari ini jangan lupa.. ucapkan Selamat Hari Ibu untuk Bunda..”

Catatan Kyaine:
Artikel yang disajikan oleh Ibu Nakja ini sebagai penutup dari rangkaian Karnaval Blog: Minum Teh Bersama Ibu (MTBI). Ya, di balik kekuatan dan ketangguhan seorang ibu ada lelaki yang selembut ibunda. Bagikan pendapat sampeyan atas pernyataan ini. Akhirnya, Kyaine mengucapkan beribu terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan acara MTBI, kapan-kapan kita berjumpa kembali dalam acara Karnaval Blog yang lebih nyiamik lagi. Salam hangat.

85 thoughts on “Karnaval Blog: Minum Teh Bersama Ibu (MTBI#9)

    • Benar mas, beratnya tugas ibu haruslah dipahami oleh seorang ayah

      Ibaratnya bila ibu adalah tanah tempat tumbuhnya beraneka bunga indah
      maka seorang ayah adalah air yang bersamanya mengalir hidayah yang menjadi pupuk
      agar benih bunga tumbuh subur dan kokoh diatasnya

      itulah Ayah, sang imam keluarga..

  1. Salam Takzim
    Seperti biasa pak Guskar izin membuka lembaran untuk sebuah lembaran, membaca postingan berbudi untuk sahabat batavusqu yang berbudi. Hadir bukan untuk diam tetapi hadir untuk ikut bergerak
    Salam Takzim Batavusqu

  2. Salam Takzim
    Maap dari tadi belum menyampaikan Selamat pagi Pak Guskar, dan yang lebih khusus lagi
    ” SELAMAT HARI IBU ” bagi para ibu di seluruh dunia
    Salam Takzim Batavusqu

  3. Siapapun Kita semua yang ada di dunia sekarang. baik itu seorang pelajar atau pejabat, baik seorang jendral maupun kopral, baik seorang mahasiswa ataupun taruna, baik itu seorang penjahat ataupun pelacur, baik itu seorang koruptor atau pun director, baik seorang menteri ataupun seorang peragawati. Kita semua terlahir dari rahim ibu, ibu yang dengan tulus ikhlas mengandung merawat dan membesarkan kita hingga sekarang kita menjadi seperti ini. Coba saja kalo ibu kita tidak ikhlas mungkin kita sudah di aborsi. Ketika kecil kita sakit beliau merawat kita, ketika kita belum bisa berjalan, beliau menuntun kita, ketika kata belum terucap beliau membimbing kita. Siapapun ibu kita entah renta atau masih muda, entah masih bersama kita ataupun sudah tiada, mari kita ucapkan terima kasih pada beliau, mari kita kasihi beliau sebagaimana kita dulu beliau kasihi, Ya Tuhanku berikanlah tempat teramat istimewa bagi ibuku tersayang.

    Selamat Hari Ibu
    .-= ruang hati berbagi punya artikel menarik dengan judul ..[Renungan Hari Ibu] Pengorbanan Tulus Yang Seringkali Kita Lupakan =-.

  4. Selamat hari Ibu Bundo.
    banyak hal yang kita lakukan bersama isteri dan anak kita, adalah buah pembelajaran dari Ibu. termasuk mencucui bareng isteri (ah jadi malu di sebut sama Bundo, he…he..) itulah kenapa kita kudu mendahulukan Ibu dari pada isteri kita. karena kalau bisa menghargai seorang Ibu, akan juga bisa menghargai isteri yang juga perempuan, yang juga ibu dari anak-anak kita.

  5. Bundo, sungguh menyenangkan jika punya banyak ayah. Tentu aku bersedia menjadi ayah bundo.

    Ayahku ada dua
    Ayah kandungku seorang serdadu dan juga veteran pejuang kemerdekaan.’
    Sayangnya ayah kandungku terpaksa meninggalkanku ketika aku belum mengerti apa-apa
    Nenek memisahkan kami karena beliau tak ingin ibuku menikah degan serdadu yang sering berpindah tugas.Jaman itu peran nenek masih dominan,maklum orang kampung.
    Tapi ayah kandungku tak berkurang sayangnya padaku sampai aku punya anak-cucu.

    Kemudian hadir seorang guru yang menjadi ayahku.
    Luar biasa, sabar dan sangat mencintaiku dan cucuku.
    Ayah dan sekaligus guruku ini selalu membawakan buku-buku dari sekolahnya (korupsiatau tidak yaa)
    Sehingga saya selalu dua meter didepan teman-temanku dalam hal pengetahuan atau ilmu.
    Sayalah yang pertama tahu singkatan DASWATI I-itulah adalah Daerah Swatantra Tingkat I (Propinsi)-
    sampai bu Supiyah guruku bilang ” Lho, Cholik kok tahu “. Saya bilang ” Karena saya blogger ya pasti pinter Bu….” he he he

    Ayahku dan guruku itu tak segan-segan mengambil kayu untuk menakut-nakuti ketika tahu aku sedang mandi di sungai Brantas.
    Ketika aku bilang sudah belajar bahasa Inggris, ayahku bilang ” Aku juga bisa bahasa Belanda …MUIT MUIT OSDESTAR…”, ketika aku tanya artinya beliau bilang ” Temu Pait..temu pait…laos pedes getar “..kami ngakak bareng.
    Sayangnya…kedua ayahku tak menyaksikan ketika ada bintang di pundakku.

    Saya mungkin tak bisa sepenuhnya meniru ayahmu yang begitu lembut karena aku masih merasa sebagai raja kecil anaknya emak.
    Sayangnya aku juga tak bisa terlalu lama mengelus rambut anak-anakku manakala negara memanggilku.

    Terima kasih , tulisan bundo mengilhami saya untuk juga bercerita tentang ayahku.
    Adakah aku menemukan sosok ayah di dunia maya ini ???

    Salam hangat dari Galaxi

    • [susah payah aku menahan airmata membaca ini..]

      Pakde punya dua ayah yang hebat
      dan Pakde adalah Ayah yang hebat untuk keluarga [Sandy bilang begitu padaku]
      terimakasih telah menjadi ayahku di ruang ini
      I love u

  6. Ketika seorang ayah lemah, ibu menguatkannya, ketika seorang Ibu bersedih, ayah menghiburnya, ketika seorang suami marah, istri menenangkannya, ketika seorang istri marah, suami tersenyum dan membelainya. Dan akhirnya para buah hati melihat sosok ayah dan ibu yang pantas untuk diteladani. Ayah akan menjadi ibu disaat ibu tidak ada, dan Ibu akan menjadi ayah disaat ayah tidak ada.

    Happy Mother’s day. Semoga semua ibu berbahagia memiliki seorang suami yang selalu ada disisinya, dan anak memiliki Ibu yang mencintai suami dan anak-anaknya.

    salam
    .-= jumialely punya artikel menarik dengan judul ..ABORSI dan harga diri ! Sebagai Renungan =-.

  7. bagus banget tulisannya… sudah habis kata-kata saya untuk menuliskan betapa saya kagum pada setiap tulisan Bundo dan teman2 lain…

    membacanya…membuat saya kembali ke masa lalu..ayahnya onit lebih cepat pulang dari kantor setelah ada onit di rumah…tertawa-tawa saat saya ceritakan tingkahnya onit…merekam gambar onit saat akan tidur, bangun tidur, saat saya di dapur dll… saya juga menerawang dan berdoa semoga ayah onit selanjutnya memiliki hati selembut Ibunda..

    Untuk seluruh Ibu di Dunia… Selamat Hari Ibu…hormat dan cinta kami untuk Ibunda…. ( untuk Ayah… terima kasih atas kasih sayang, perlindungan dan kerja kerasmu… engkau akan selalu menjadi imam kami, istri dan anak2mu…)

    Love You Bundo…
    .-= ceuceusovi punya artikel menarik dengan judul ..Dokumentasiku =-.

    • Insya Allah ceu.. akan hadir laki-laki lembut itu di rumahmu, yang akan berbagi kasih dengan onith dan seisi rumah. Amin Allahuma amin..

      Selamat Hari Ibu untukmu, supermom tersayang..

  8. Ah Bundo Dentist ini sungguh membuat saya tersanjung …

    Saya senang sekali bisa berinteraksi dengan orang-biasa namun hebat sangat pemikirannya ini …

    This is the beauty of Blogging …

    Salam saya

  9. Ya, dulu sewaktu masih single, bekeinginan untuk mencari suami yang lembut. Karenanya ia akan sayang kepada keluarga, dan mengayomi dengan kelembutannya. Alhamdulillah, Allah telah mengabulkan pintaku.

  10. Ah Bundo Dentist ini bisa saja membuat saya menjadi tersanjung …

    Yang jelas saya bersyukur bisa mengenal orang-orang biasa yang mempunyai pemikiran yang luar biasa
    This is the beauty of Blogging …

    Selamat Hari Ibu …

    Salam saya
    .-= nh18 punya artikel menarik dengan judul ..KOIN UNTUK PRITA =-.

  11. Salam kang Gus,

    maaf baru hidup lagi di dunia blog.

    Tulisan sampeyan ini kalau saya cermati koq seperti bentuk ke-iri-an dan kecemburuan karena tidak ada hari ayah. Kenapa ada hari ibu namun tidak ada hari ayah. toh ayah juga memilki kelembutan dan cinta yang besar terhadap keluarga dan anak2. seperti yang tercermin dalam tulisan sampeyan di atas. Hehe..

    Salam sehat kang Gus.
    ^_^

    • Mas Wahyu kenal sama ~noe~ ya.. klo ketemu Noe tolong bilangin Bundo merindukannya

      tentang topik Ayah pada hari ini,

      # MTBI sudah menghadirkan 8 tulisan yang luar biasa tentang Ibu, maka bundo rasa di hari ke 9 adalah waktunya bicara tentang ayah. Karena setelah Ibu tentu saja ada Ayah yang harus kita hormati

      # Ibu dan Ayah, seperti bundo bilang di komen teratas.. seperti Tanah dan Air, bersama-sama untuk hadirkan tumbuhan yang kokoh di atasnya

  12. *********Vyan juga “lembut”.. ->.. (lemari butut).. whuakakakkakkk…********

    SELAMAT HARI IBU…. buat para Ibu dan yang dipanggil Ibu.
    Siapa mereka? mereka adalah Ibu Guru, Ibu Dosen, Ibu Kos, Ibu Warung, Ibu Dokter, Ibu Bidan, Ibu Camat, Ibu Lurah, Ibu Presiden, Ibu Direktur, Ibu Tiri, dan Ibu Ibu lainnya..[*tidak termasuk ibuprofen*]

    Semua Ibu adalah Ibuku,
    sebanyak embun pagi diladang ilalalang
    setiap tetesnya seperti airmata do’a.
    ucapannya semerdu semilir angin,
    belaiannya selembut kepak sayap kupu-kupu.

    Semua Ayah adalah Ayahku,
    yang petuahnya sepadat tubuh gempal pemilik padeblogan.
    yang tegasnya setegas sangkur pakdhe Cholik.
    yang pantang menyerah segigih Arkasala.

    (duh, aku memang masih anak-anak didalam tubuh yang renta)
    .-= Vyan RH punya artikel menarik dengan judul ..Bongkar yuk….!!!! =-.

  13. kalo dikhasanah jawa rasulullah SAW itu di gambarkan /disimbolkan sebagai “perempuan” dlm arti beliau itu sangat lembut…ini tercermin di ornamen bangsal manguntur tangkil di kraton jogja….mirong itu artinya mim ra…mim itu muhammad…ra itu rasulullah
    .-= m4stono punya artikel menarik dengan judul ..Ngelmu Bejo ala Buto tamat =-.

    • wow, kang tono selalu luar biasa pengetahuannya!

      Bahkan leluhur kita dahulu tahu bahwa Rasulullah adalah laki-laki yang lemah lembut.. darimana mereka tahu? AL Qur’anul Karim pastinya ya kang..

  14. Salam Takzim
    Selamat siang bundo
    lho ini masih carnaval ya saya kira sudah selesai, jadi nggak enak nih sama bundo ga ngasih komentar tulisan diatas
    Tapi bundo saya salut dengan ayah ayah pilihan bundo apalagi yang paling pertama disebut Nabi Muhammad SAW, kemudian pakde Cholik, pak Guskar, pak arkasala, pak badruz, pak NH18, Dian, pak Marsudiyanto, pak Harvidson, dan ayahnda Nakjadimande.
    Saya akan belajar banyak dari 10 ayah pilihan bundo
    Salam Takzim Batavusqu
    .-= batavusqu punya artikel menarik dengan judul ..71 Tahun Sudah Usia Ibu =-.

    • Ayah dan Ibu kita pasti yang nomor satu ya Bunda, karena mereka telah mencurahkan segala yang terbaik untuk kita. Terimakasih salamnya Bunda, nanti pasti mama tanya apakah bunda lily mau dikirimin rendang buatan mama? hehhheehhh **ini namanya janji-janji surga bun 🙂

  15. Selamat hari Ibu…. selamat menebar cinta…. pada intinya ayah dan ibu yang senantiasa membimbing anak-anaknya tumbuh dan dewasa…. hanya saja hari ini adalah spesial penghargaan untuk Ibu…. Selamat hari Ibu, terima kasih untuk Bundo yang sudah mengingatkan arti kelembutan seorang ayah….
    .-= casrudi punya artikel menarik dengan judul ..Amanat Dan Khianat Dalam Buku Kholifah Bumi =-.

    • Aku barusan ke rumah pakne galuh, cari tahu tentang ibu Supiyah itu..

      hmm, saat laki-laki itu meninggalkan keluarganya dengan tak bertanggung jawab, menurutku berarti dia juga melepaskan predikat ayah dan suami dari dirinya.

      namun Allah yang selalu menjaga hambaNYA, tak lengah sedetik pun.
      terbukti bu Supiyah menjadi ibu yang kuat

  16. emmm postingan yang seru….selamat hari ibu, i luv u mom forever….
    pengen deh jadi jadi ayah seperti dalam postingan, taaapi jangankan mau jadi ayah,,,jadi suami aja belum…maklum masih muda githu loohhh…wkwkwkwk

  17. Selamat Hari Ibu….
    Semoga dunia ini selalu terang benderang karena pancaran kasih ibu yang tak pernah padam…
    Dan semoga ibu pun akan selalu berdiri kokoh layaknya karang di lautan, karena ada ayah
    yang selalu mendampingi dan menemaninya di sepanjang perjalanan….

    Ayah dan ibu, aku mencintaimu…
    Semoga ayah dan ibu kita merasa bangga bisa melahiran kita ke dunia, amiiin…
    .-= RitaSusanti punya artikel menarik dengan judul ..Sapa Sing Tekun Golek Teken Bakal Tekan* =-.

  18. Hari Ibu, atau mungkin hari Ayah adalah refleksi kita bersama ketika orang tua kita mengenalkan arti sebuah cinta. Cinta yang tulus dan penuh komitmen. Adalah menjadi sebuah aksi ketika kita menjadi orang tua.

    Bundo , Pakde Cholik dan Bung Guskar, berbahagialah anda ketika anda semua sudah menjadi saluran berkat bagi orang lain dalam kreatifitas dan karya. Apresiasi setinggi-tingginya buat anda semua dari saya.

    Salam berkarya dan salam sejahtera buat kita semua.
    .-= Pambudi Nugroho punya artikel menarik dengan judul ..Ketika Katak Jatuh Cinta =-.

  19. Aih… si bundo ini bisa saja… saya jadi malu… 😉

    Teladan Rasulullah itu sungguh luar biasa. Beliau adalah manusia yang sangat lembut kepada keluarganya, tapi juga sangat tegas. ketegasan yang beliau tunjukkan sama sekali tidak identik dengan kekerasan. Kesadaran akan peran yang sangat penting dalam keluarga, sangat dibutuhkan oleh setiap ayah.

    Namun, kehebatan dan keluarbiasaan seorang ayah, tidak terlepas dari kedahsyatan seorang Ibu. Tanpa dukungan Ibu, seorang ayah takkan berarti apa-apa…

    Terima kasih Bundo… tulisan ini sungguh menggugah emosi…
    Selamat hari ibu buat bundo dan seluruh ibu di negeri ini

  20. *termenung*, berarti saya bukan type lelaki yang baik untuk menjadi suami, ayah maupun bapak.
    Saya hanya bisa menemani istri belanja (dengan rasa malas) jika sedang menjalani cuti, bersenda gurau dengan anak-anak juga pada saat saya cuti. Kyaine blog ini pasti cukup tahu bagaimana rasanya menjadi seorang rimbawan.
    Tetapi jika bicara bapak, tidak ada laki-laki sehebat bapakku. Orang gagah bagaikan Gatotkaca, tutur bahasanya lembut seperti Arjuna. Tetapi jika saya melakukan kesalahan yang tidak pantas maka suara beliau akan mengalahkan guntur dilangit. I Love Him, like i loving my mom.
    Selamat Hari Ibu (kasian juga kok nggak ada hari ayah).
    .-= aldy punya artikel menarik dengan judul ..My Big Family : Bhineka Tunggal Ika. =-.

    • selesaikan tugas, ada dua komeng belum dibalas 🙂

      Bisa kubayangkan masa kecil mas Aldy bersama laki-laki gabungan Gatotkaca dan Arjuna tersebut. Nomor satu tak ada tandingannya! begitulah bapak kita semua. Karena kehebatan itu maka Allah mengamanahkan kita kepada beliau.

      ibaratnya bila mas Aldy punya barang berharga, pasti hanya mau menitipkannya pada orang yang terpercaya. Begitu juga diri kita ini, Allah SWT hanya mau menitipkan kita pada ayah terhebat di dunia 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s